Minggu, 21 Juni 2009

NAPAK TILAS EYANG MANGUNARSO OLEH IKBM SURABAYA


Salah satu garis keturunan eyang Mohammad Bin Umar yang hingga sekarang sangat intens dalam menjalin silaturahmi antar sesama famili, yang saya ketahui adalah dari trah eyang Mangoenarso II. Malah kumpulan famili ini telah tersebar di seluruh Indonesia dalam wadah IKATAN KELUARGA BESAR MANGUNARSAN. Dalam upaya merekatkan ikatan tali silaturahmi tersebut pada Agustus 1969 oleh Panitia Persiapan Trah Mangoenarsan telah dicetak buku Daftar Keturunan Ki Mangunarso II hingga saat ini masih digunakan rujukan kalau famili memerlukan penjelasan tentang famili.

Sekitar tahun 1975 (?) diadakan reuni akbar trah eyang Mangunarso di “dalem ageng” Balerejo rumah pusaka peninggalan eyang Mangunarso. Hadir saat itu famili-famili dari Jakarta, Bandung, Semarang, Jogya, Sala, Surabaya dan Madiun sebagai tuan rumah.

Untuk keakraban sekaligus napak tilas dan ziarah IKBM cabang Surabaya dipimpin oleh ketuanya Bapak Abdurrohim putro Eyang Suwandi akan mengadakan pertemuan di “ndalem ageng” Balerejo pada tanggal 27 s/d. 28 Juni 2009.

Insya Alloh silsilah Eyang Mangunarso akan saya tulis pada kesempatan mendatang.(*)

12 komentar:

Welly mengatakan...

Assalamu'alaikum WR WB
Pak Wir yang dirahmati Allah SWT.
Nama saya welly, keponakan Pak Wir, putra dari Pak Hartono bin Rajak Mangunsudarso.
Pak Wir bagaimana Kabarnya? Mudah-mudahan Bapak dan keluarga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, amin.
Akhir bulan juli kemarin saya pergi ke Dalem Gede Belerejo. Disana saya melihat silsilah keluaga kita. Di silsilah keluarga itu ditulis mengenai Ki Fakih Ibrahim bin Imam Mustapha suami dari Nyi Fakih Ibrahim. Sekiranya Pak Wir mempunyai keterangan mengenai silsilah Eyang Imam Mustapha, saya sangat mengharapkan penjelasannya. Sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih. Sungkem saya untuk Bapak & Ibu, salam untuk keluarga.

A.B. WIRAWAN mengatakan...

Wa'alaikumsalam
Alhamdulillah kita ketemu di sini. Alahamdulillah kami sekeluarga dalam keadaan baik cuma sedikit batu-batuk seluruh rumah apa ini namanya flu "wirawan". Bagaimana kabarnya kanda Hartono. Nanda sendiri tinggal di mana?. Soal silsilah coba saya lihat di contekan atau cari informasi pada para sepuh.
Maunya sih semua yang menyangkut keluarga kita say upload di sini, tapi karena keterbatasan informasi dan tenaga yg telah udzur ya jadinya cuma begini. Minimal untuk sarana silaturahim. Terima kasih doanya. Demikian juga untuk keluarga nanda Alloh selalu memebrikan taifiq dan hidayah Nya.

Wassalam.

agus soemantri mengatakan...

Assalammu'alaikum WrWb
Salam hormat saya haturkan kepada Bp. Wirawan yang dirahmati Allah SWT
Saya Agus Kusumadi bin Bb Soemantri, ibu saya Oemi Kulsum binti Imam Martohardjo dari padas, ngawi. Saya tahu info ada blog mangunarsan dari adik di semarang. Saat ini saya dng istri + 2 anak tinggal di Jakarta Timur. Saya ingin lebih mempererat tali silaturahmi dengan sanak sedulur lain yang belum / sdh lama tidak bertemu. Menurut ibu saya, kami diturunkan dari garis silsilah putri pertama (tdk tahu namanya) Eyang Mangunarso, yang menikah dengan Ki Fakih Ibrohim (Demang dari Magetan). Andai ini salah, kami mohon dikoreksi disertai penjelasan silsilah demi kebaikan trah mangunarsan. Demikian salam kenal saya semoga akan menjadi berkah kita semua. Sebelum dan sesudah saya ucapkan banyak terimakasih. Salam taklim buat keluarga besar banjarsari. Wassalammu'alaikum WrWb.

Wishnu mengatakan...

Assalamu'alaikum WR WB
Salam kenal untuk saudaraku semua..
Perkenalkanlah saya Wishnu Edhie dari keluarga Mangunarsan. Bersama ini perlu kami sampaikan bahwa kami akan menyelenggarakan Napak Tilas 2015 yang rencananya pada tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2015 akan melakukan ziarah ke Makam Tegalsari di Ponorogo, Banjarsari, Giripurno dan Kebonsari bersama rombongan IKBM Jabodetabek dengan mempergunakan kereta api.
Saya mengajak jika berkenan mari kita bersama - sama dapat bergabung untuk kegiatan tersebut

Unknown mengatakan...

Ya saya ikut berangkat dr surabaya

Unknown mengatakan...

Ya saya ikut berangkat dr surabaya

Wishnu mengatakan...

Ok ditunggu mas..
Kami tanggal 31 Mei sudah masuk balerejo mempergunakan kereta api total peserta yang tercatat sudah ada 66 orang tidak hanya dari Jakarta tetapi juga yogya, semarang, surabaya dan madiun sendiri.

Unknown mengatakan...

Saya pernah dengar laluada kaitan antara eyang mangunarso dgn eyang Ngalimoentoha Mohamad Besari tp skrng koq lupa blaz bin blank.
E-mai saya: arumnuswantari65@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya pernah dengar laluada kaitan antara eyang mangunarso dgn eyang Ngalimoentoha Mohamad Besari tp skrng koq lupa blaz bin blank.
E-mai saya: arumnuswantari65@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya pernah dengar laluada kaitan antara eyang mangunarso dgn eyang Ngalimoentoha Mohamad Besari tp skrng koq lupa blaz bin blank.
E-mai saya: arumnuswantari65@gmail.com

Wishnu mengatakan...

Mohon bisa kirimkan nama aktif di Facebook untuk sementara kita informasikan seluruh kegiatan keluarga mell FB...
Kirim email ke w.edhie@gmail.com. Matur nuwun

Anonim mengatakan...

Assallamuallaikum..perkenalkan saya keturunan dari kelompok 2 dan 6🙏🙏